Cara Menggunakan Google Analytics dan Pentingnya

Cara Menggunakan Google Analytics dan Pentingnya

Cara menggunakan Google Analytics tidaklah sulit untuk dipahami, tetapi pengguna pemula mungkin agak bingung. Padahal keberadaannya sangat penting, terutama dapat membantu kampanye digital marketing berjalan lebih baik.

Sebagai pemilik situs web, memiliki jumlah trafik yang tinggi tentu menjadi keinginan tersendiri. Ini karena situs web Anda akan berada di halaman utama dan bahkan dapat membantu meningkatkan angka penjualan perusahaan Anda.

Salah satu cara untuk meningkatkan trafik web adalah dengan menggunakan layanan Google Analytics. Layanan ini memberikan data tentang kinerja situs web, seperti sumber pengunjung, konten populer, dan demografi pengunjung.

Definisi Google Analytics

Sangat penting untuk memahami pengertian fitur Analytics Google sebelum mulai menggunakannya. dimana Google Analytics, juga dikenal sebagai GA, adalah layanan yang diberikan oleh Google secara gratis sejak tahun 2006.

Siapa yang berpikir bahwa kehadirannya dapat menjadi layanan besar? Laporan dalam bentuk data metrik dapat diakses secara gratis. Mungkin juga disebut perangkat lunak pengumpul data untuk situs web.

Selanjutnya, dapat digunakan untuk menganalisis berbagai metrik seperti lalu lintas web, statistik e-commerce, dan perilaku pengunjung. Dengan data ini, dapat menjadi komponen penting dari digital marketing.

Layanan ini sangat disarankan karena sangat berguna dan dapat diintegrasikan dengan produk Google lainnya.  Untuk memulai GA inilah, hanya perlu memasukkan kode JavaScript ke header situs web dan memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengunduh laporan.

Cara Pemula Menggunakan Google Analytic

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menggunakan layanan Google sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya saja, jika Anda seorang pemula, Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu.

  • Jika Anda belum memiliki akun ini, Anda dapat mengikuti prosedur di bawah ini:
  • Anda dapat mengunjungi halaman google.com/analytics.
  • Di pojok kiri atas, temukan tab yang menunjukkan opsi masuk atau membuat akun.
  • Setelah mengisi informasi, silakan klik tab Access Google Analytics.
  • Untuk menciptakan properti, pilih menu drop-down.
  • Tulis nama web dan URL lengkapnya.
  • Tentukan industri yang relevan dengan situs web, seperti blog, toko online, dan sebagainya
  • Tentukan zona waktu.
  • Pilih Identitas Pengawasan Ge
  • Tambah Tracking ID ke website Anda.

Metode untuk Menghubungkan Akun GA ke Website

Tidakkah Anda mengetahui bagaimana proses pembuatan akun GA ini dilakukan? Langkah berikutnya adalah membuat GA terhubung ke situs web Anda. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkannya sendiri.

  • Salin dan paste kode ke dalam template website
  • Buat file dengan nama analyticstracking.php dan tambahkan kode pengawasan setelahnya.
  • Apabila sudah, lihat blog, web builder, atau host untuk melihat apakah GA telah terintegrasi dengan halaman web.
  • Apabila metode tersebut cukup sulit, kami menyarankan untuk menggunakan situs web seperti Squarespace atau Blogger karena mereka akan terhubung secara otomatis pada titik pembuatan akun pertama

Yang Bisa Dilacak dengan GA

Seperti yang disebutkan sebelumnya, layanan ini akan menampilkan data pengguna yang penting. Data tersebut akan ditampilkan dalam bentuk metrik pada halaman web. Sampai titik ini, Anda pasti ingin tahu apakah data yang ditampilkan tersebut benar.

1. Sumber Trafik

Sumber trafik halaman web atau blog adalah data pertama yang dapat diketahui oleh pengguna. Mereka dapat melihatnya dengan mengklik menu pembelian di sidebar.

Jangan khawatir karena layanan tersebut nantinya akan memindai beberapa mesin pencari seperti Google, Bing, AOL, dan Yahoo. Anda dapat tenang karena data yang ditampilkannya sangat akurat.

2. Keadaan Sosial

Apakah Anda akan melakukan promosi melalui akun media sosial? Kampanye tidak lengkap tanpa laporan. Ternyata Anda dapat melakukan penelusuran lebih mendalam dengan layanan GA.

Selanjutnya, pengguna tidak akan dapat memasukkan identifikasi pemantauan sosial media; namun, Anda dapat melakukannya di bawah pengaturan sosial media. Sebagai contoh, Anda hanya perlu copy-paste URL ke pengaturan akun YouTube untuk memantau.

3. Laporan Khusus

Pengguna dapat mengatur tampilan laporan yang mereka inginkan di custom reports. Anda juga dapat mengatur sesuai dengan jenis laporan yang diinginkan, seperti jika Anda memiliki situs web yang menjual pakaian dan ingin membuat laporan di tempat yang diinginkan.

Di sini, Anda dapat mengatur trafik berdasarkan ukuran, warna, dan model produk. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk mengetahui produk mana yang paling dicari pelanggan.

4. Menambah Pengguna

Dengan Analytics Google, Anda dapat menambahkan alias pengguna. Itu sangat cocok untuk tim yang ingin bekerja sama untuk melacak kemajuan kampanye atau website tempat tengah bertanggung jawab.

Untuk melakukannya, sangat mudah. Cukup klik halaman Manajer di sebelah kiri dan masukkan email anggota tim kemudian klik manajemen pengguna. Pengguna bahkan dapat mengatur peran setiap pengguna, seperti mengedit atau hanya melihat laporan.

GA Penting untuk Bisnis

Seorang pebisnis membutuhkan alat khusus untuk melakukan analisis dalam upaya mengoptimalkan pemasaran digital, dan layanan GA ini adalah salah satunya.

Ternyata, penggunaan layanan ini akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membantu dalam Pengukuran dan Optimasi Kinerja Website

Keberadaan fitur Analytics untuk bisnis memiliki manfaat utama, yaitu membantu mengukur dan mengoptimalkan kinerja website sesuai dengan tujuan bisnis. Setiap titik data perilaku di luar itu akan membantu mempersempit dan memfokuskan dampak kemudian.

2. Menentukan Efektivitas Strategi Pemasaran

Jumlah pengunjung, rata-rata waktu, minat, dan lokasi geografis adalah beberapa indikator yang dapat digunakan untuk menentukan efektivitas strategi pemasaran.

3. Meningkatkan Posisi di SERP

Untuk meningkatkan lalu lintas ke situs Anda, Anda dapat menggunakan berbagai strategi sekaligus, seperti kehadiran sosial media, iklan konvensional, dan meningkatkan hasil optimasi SEO di search engine. Selain itu, layanan analitik dapat meningkatkan posisi situs Anda di SERP atau hasil mesin pencarian.

Bisnis harus menggunakan sejumlah alat penting dalam digital marketing, seperti yang ditawarkan Google. Sudah tahu bagaimana cara menggunakan Google Analytics, bukan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *