10 RANKING FAKTOR TERPENTING GOGLE UNTUK 2024

10 Ranking Faktor Terpenting Google Untuk 2024

Apakah Anda tahu bahwa ada lebih dari 200 faktor yang terlibat dalam peringkat Google? Untuk menilai seberapa baik konten situs web Anda sesuai dengan pencarian online tertentu, Google menggunakan variabel peringkat.

Selain itu, mesin pencari global terpopuler adalah Google.

Itu memimpin mesin pencari pesaing seperti Yahoo dan Bing dengan lebih dari 8.5 miliar pencarian setiap hari. Google bertanggung jawab atas lebih dari sembilan puluh persen pencarian online.

Oleh karena itu, peningkatan peringkat Google Search dapat sangat menguntungkan bisnis Anda. Namun, dari semua elemen ini, mana yang harus Anda prioritaskan dalam hal peringkat Google?

Kami jasaseo.id, jasa SEO Indonesia akan membagikan lebih detail 10 elemen penting (dari 200+ ranking factor lainnya) yang akan membantu Anda meningkatkan peringkat Anda di Google.

Apa Itu Faktor Ranking Google?

Faktor peringkat adalah salah satu dari sejumlah data kecil yang digunakan Google untuk menentukan seberapa baik sebuah halaman web menanggapi kueri pencarian tertentu.

Dengan kata lain, Google menggunakan faktor peringkat untuk menyajikan hasil yang paling mungkin berguna bagi pengguna ketika mereka memasukkan frase “tema WordPress terbaik” ke dalam mesin pencari.

Faktor peringkat termasuk jumlah kata-kata yang ada pada halaman dan kecepatan di mana grafik dimuat. Google berusaha memberikan pengalaman online terbaik dan materi yang menjawab pertanyaan pencarian pengguna.

Apa saja komponen yang sangat penting untuk menentukan peringkat Google?

Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, beberapa pemilik situs web mungkin tergoda untuk mengoptimalkan untuk setiap kriteria peringkat.

Namun, kesempurnaan tidak dapat dicapai dari perspektif Google. Oleh karena itu, pastikan untuk memberi variabel peringkat yang paling menguntungkan prioritas tertinggi.

Untuk membantu Anda meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian, kami telah menyusun daftar elemen peringkat yang paling penting.

  • Link utama ke halaman
  • Tujuan Pencarian dan relevansi konten
  • Adaptabilitas untuk Kekuatan Domain Mobile dan Optimalisasi Kata Kunci Kecepatan Upload Website
  • Struktur Situs Web dan Pengalaman Keamanan Situs Web On-page

Untuk meningkatkan peringkat halaman, gunakan elemen peringkat Google favorit kami

1.Konten dengan kualitas yang lebih baik

Mungkin Anda sudah akrab dengan istilah “konten adalah raja” dari dunia SEO, dan itu benar untuk pertimbangan peringkat Google.

Jika Anda dapat menghasilkan konten yang asli, terkini, dan bermanfaat bagi pengguna, Google akan menempatkan konten Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Google mempertimbangkan dengan cermat kualitas artikel Anda. Terlepas dari seberapa baik SEO halaman web Anda, jika konten Anda tidak berharga, Anda tidak dapat mengharapkan peringkat yang lebih tinggi.

Apa itu SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti prosedur optimasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa situs web berada di peringkat teratas mesin pencari, terutama Google yang merupakan rujukan utama banyak website saat ini dan merupakan salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengoptimalan mesin telusur adalah komponen penting yang menentukan keberhasilan website Anda, terutama bagi mereka yang ingin menggunakan website sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Bagaimana Google mempertimbangkan kualitas konten?

Konten yang asli, unik, dan berharga

Google memprioritaskan konten asli daripada salinannya. Sebuah situs web harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan audiens Anda dan menawarkan sesuatu yang unik dan unik.

Jika konten Anda disalin sepenuhnya atau terlalu mirip dengan situs web lain, SEO Anda akan mengalami kesulitan. Dalam skenario yang paling mengerikan, Google mungkin bahkan tidak dapat mengindeks halaman duplikat tersebut.

Selain itu, Google dapat menurunkan tingkat crawling situs web Anda jika Anda secara teratur memposting konten berulang kali yang tidak asli.

Oleh karena itu, saat membuat konten, pastikan bahwa itu berbeda dari yang dilihat di situs web lain dengan peringkat untuk frasa pencarian yang sama. Istilah pencarian yang ingin Anda peringkat dan kata kunci penekanan Anda harus sesuai.

Baik konten asli maupun konten saat ini

Salah satu cara lain untuk meningkatkan kualitas konten Anda adalah dengan memastikan bahwa itu tetap up-to-date dan segar. Google memprioritaskan informasi terbaru, terlepas dari apakah itu baru dirilis atau telah diperbarui secara luas.

Ketika Anda sering memperbarui posting dan menyertakan konten baru, mesin pencari menerima sinyal peringkat yang menguntungkan.

Kesegaran konten menjadi lebih penting saat mencakup berita atau topik tren. Google lebih suka halaman yang menawarkan informasi terbaru tentang subjek tersebut.

Misalnya, saat menulis tentang krisis kesehatan global, Anda harus menulis artikel yang mencakup hasil terbaru. Selain itu, untuk tetap relevan dengan konten Anda, Google Trends adalah cara yang cepat dan mudah untuk menemukan informasi terbaru.

Anda hanya perlu menulis pertanyaan Anda di kotak dan kemudian memilih Topik yang relevan. Ini adalah pertanyaan yang sering digunakan yang dapat membantu Anda membuat posting Anda lebih mudah dipahami.
Tempo Konten

Faktor peringkat yang mudah dihitung dan dipahami adalah panjang konten. Aturan sederhana lainnya adalah pergi lebih lama biasanya lebih baik.

Studi menunjukkan bahwa panjang konten secara signifikan mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Posting biasanya berisi 1.890 kata dan berada di sepuluh besar pencarian Google.

Meskipun rata-rata itu, membuat kata “ideal” hitung tidak mungkin. Tujuan pembaca dan subjek menentukan panjang ideal setiap bagian konten.

Membuat materi yang masuk ke dalam topik dan komprehensif adalah pendekatan yang unggul. Ini benar karena Google lebih suka materi yang menyediakan solusi lengkap yang memenuhi semua kebutuhan pengguna.

Struktur dan Organisasi Konten

Organisasi dan struktur posting dan halaman blog Anda menentukan kualitasnya. Ini membantu pengunjung situs web Anda memahami konten dan menemukan solusi untuk masalah mereka.

Untuk meningkatkan struktur dan organisasi artikel Anda, Anda harus mengatur ide dan topik Anda dengan menggunakan berbagai judul dan subheading (H2, H3, H4, dan seterusnya).

Daftar dengan angka dan peluru juga dapat digunakan untuk membuat materi lebih mudah dipahami. Bahkan Google dapat memilih daftar ini dan menampilkannya sebagai snippet yang ditampilkan jika kata kunci yang tercantum dalamnya sesuai dengan kueri pencarian.

Ranking Snippet Google

Oleh karena itu, buat konten Anda lebih mudah dibaca dengan mengatur dan menyusunnya dengan lebih baik. Akibatnya, Anda akan melihat peningkatan keterlibatan pengguna di situs web Anda, yang berdampak positif pada beberapa indikator peringkat Google.

2. Tautan ke halaman utama

Setelah kualitas artikel, backlinks adalah komponen kedua yang paling penting untuk peringkat Google. Koneksi masuk dari situs web lain memengaruhi algoritma peringkat Google secara signifikan.

Di sisi lain, situs web dengan jumlah backlink yang lebih rendah menghasilkan jumlah lalu lintas organik yang lebih besar karena mereka muncul lebih tinggi di hasil pencarian.

3. Pahami Peringkat Backlink

Bagaimana backlink berdampak pada SEO website Anda?

Tanda persetujuan situs web mirip dengan inbound links, juga disebut backlinks. Google menghitung jumlah suara setelah menilai kualitas tautan Anda.

Dengan demikian, tautan balik yang berasal dari situs web dengan banyak otoritas akan lebih bermanfaat dan akan meningkatkan peringkat Anda lebih tinggi daripada tautan balik yang berasal dari situs web dengan otoritas yang lebih rendah. Karena konten Anda didukung oleh situs web terkemuka lainnya, mendapatkan tautan ini menunjukkan kepada Google bahwa konten Anda dapat diandalkan.

Lihat teknik sederhana ini untuk mendapatkan backlink dari situs web terkemuka. Untuk mempermudah, anda juga bisa menggunakan jasa baclink terpercaya dan terbaik.

Atau anda juga bisa menggunakan jasa press release yang terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas dan natural.

Tujuan Pencarian dan relevansi konten

Sebagai kriteria utama untuk peringkat, Google juga menggunakan seberapa sejalan konten Anda dengan niat pencarian pengguna. Sederhananya, tujuan yang dipikirkan pengguna saat melakukan pencarian disebut niat pencarian.

Apakah mereka berencana untuk membeli sesuatu untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah? Apakah mereka ingin meningkatkan keterampilan mereka? Atau apakah mereka hanya mencari informasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang masalah?

Sangat penting untuk memahami maksud di balik setiap kueri pencarian agar konten Anda sesuai dengannya karena setiap kueri adalah unik.

Misalnya, ketika seseorang mencari tema WordPress terbaik, listicles berada di posisi pertama. Google dan penulis mengklaim bahwa individu-individu ini mencari untuk membandingkan dan mungkin menginstal tema WordPress baru.

Ini adalah contoh tambahan. Resep, artikel, dan video muncul dalam hasil pencarian saat Anda mencari “membuat kue bolu banana”.

Faktor Peringkat Google untuk Tujuan Pencarian

Oleh karena itu, jika Anda ingin menulis konten tentang salah satu tema sampel ini, sangat penting untuk mencocokkan maksud pencarian dan menghasilkan jenis konten yang tepat.

Misalnya, hasil teratas Google terkadang terutama terdiri dari video dan infografis. Anda harus membuat infografis atau video untuk mendapatkan peringkat kata kunci terbaik.

Intensi pencarian juga memberi tahu Anda di mana pengguna melakukan pembelian di situs eCommerce.

Apakah mereka sedang mencari informasi umum tentang industri Anda, atau apakah mereka ingin membeli produk Anda karena mereka telah menyelesaikan penelitian mereka?

Dengan menyesuaikan konten Anda dengan tujuan pencarian, Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dan memberikan konten yang paling menarik.

4. Kecepatan situs web dimuat

Salah satu dari ratusan variabel yang sangat dipertimbangkan untuk peringkat Google adalah kecepatan halaman. Ini disebabkan oleh keputusan Google pada Mei 2021 untuk menempatkan kecepatan muat halaman sebagai prioritas utama untuk kecepatan internet.

Google menganggap langkah-langkah yang berkaitan dengan kinerja situs web sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna situs web. Ini menghitung responsif dan kecepatan keseluruhan situs web Anda, serta waktu yang dibutuhkan untuk memuat berbagai elemen, seperti foto dan font.

Mengalahkan pesaing Anda dan mempersingkat waktu muat Anda bukan tujuan saat ini. Sangat penting untuk memenuhi persyaratan kecepatan muat halaman minimal.

Google menginginkan situs web yang cepat dan menyenangkan untuk pengguna.

Untuk mengetahui seberapa cepat situs web WordPress Anda dimuat, Anda dapat menggunakan laporan Kecepatan Situs Yang banyak tersedia secara online.

5. Adaptasi ke Mobile/smartphone

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan seberapa baik situs web Anda berfungsi pada kecepatan dan tampilan yang lebih kecil.

Karena Google telah menempatkan pencarian seluler sebagai prioritas utama sejak 2019, situs web Anda harus dapat disesuaikan dengan semua ukuran layar. Dalam proses yang disebut sebagai “pertama mobile”, Google akan mengindeks dan menilai situs web Anda berdasarkan versi mobile.

Versi desktop Google biasanya digunakan untuk mengindeks situs web Anda. Namun, mengingat 4,2 miliar pengguna internet seluler di seluruh dunia, perubahan ini dilakukan oleh Google tanpa diduga.

Oleh karena itu, jika Anda ingin meningkatkan peringkat Anda, situs web Anda harus responsif pada perangkat mobile.

Langkah pertama adalah memilih tema WordPress yang responsif untuk ponsel. Untuk membuat situs WordPress Anda lebih ramah ponsel, gunakan plugin.

6. Kontrol domain

Salah satu kriteria peringkat yang perlu diperhatikan adalah otoritas domain (DA) situs web Anda. Ini adalah statistik yang menilai peringkat mesin pencari dan pengetahuan subjek situs web Anda.

SEO Moz membuat otoritas domain dengan skala 1-100. Anda memiliki korelasi positif antara otoritas domain Anda dan kemungkinan peringkat Google Anda untuk istilah yang terkait dengan bidang keahlian Anda.

Ada banyak cara untuk meningkatkan otoritas situs web Anda, tentu saja. Salah satu cara adalah dengan mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi. Namun, peringkat yang lebih tinggi tidak selalu berarti banyak backlink.

Oleh karena itu, Anda harus membuat konten yang luar biasa yang berpusat di sekitar bidang atau topik utama Anda. Coba fokuskan artikel yang Anda buat di situs web dan blog Anda pada satu topik utama.

Untuk menentukan topik mana yang paling menarik pengunjung situs Anda. Ini memberikan data aktual tentang halaman mana yang paling sering dilihat di situs web Anda.

Setelah itu, Anda dapat meningkatkan otoritas topikal Anda dengan membuat konten yang lebih baik tentang topik yang terkait.

Pada akhirnya, situs web Anda akan dianggap oleh Google sebagai ahli topik, meningkatkan otoritas domain, dan mungkin meningkatkan posisinya dalam hasil pencarian.

Ada opsi selain beli domain dari awal/ fresh, ada 3 opsi lain domain yang perlu Anda cek:

7. Sempurnakan Kata Kunci Anda

Salah satu faktor yang paling dikenal untuk meningkatkan peringkat situs web adalah penggunaan kata kunci, bersama dengan penciptaan konten asli dan mendapatkan backlink.

Saat memilih kata kunci, pengguna harus memasukkan istilah pencarian yang relevan ke mesin pencari. Oleh karena itu, sangat penting bahwa halaman web Anda berisi istilah yang digunakan audiens Anda, serta memantau peringkat kata kunci Anda untuk memastikan bahwa relevan dengan niat pencarian audiens Anda. Setelah itu, halaman Anda akan dapat ditampilkan di hasil pencarian Google.

Untuk memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan untuk kata kunci, ikuti petunjuk berikut:

Tag judul SEO: Pastikan tag judul posting Anda dimulai dengan kata kunci yang Anda inginkan.

Meta Deskripsi: Craft membuat meta deskripsi Anda menarik dan menggabungkan kata kunci utama Anda untuk menarik pembaca untuk mengklik situs web Anda.

Gambar Alt Text: Karena Google tidak dapat membaca gambar, Anda dapat memasukkan kata kunci Anda ke dalam kotak teks alt gambar untuk memberikan gambaran visual.

Karena Google melakukan analisis ini untuk menentukan topik halaman, Anda dapat menggunakan kata kunci sebagai teks anchor saat menghubungkan halaman.

Gunakan kata kunci LSI: Pengguna akan mencari berbagai istilah yang terkait, meskipun halaman web Anda mungkin berkonsentrasi pada satu kata kunci utama. Selain itu, ada kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI). Kata kunci LSI membantu Google memilih topik posting yang lebih akurat. Selain itu, istilah-istilah ini menunjukkan kepada Google bahwa Anda telah melakukan penelitian menyeluruh tentang masalah tersebut.

Hindari pengisi kata kunci: Optimasi mesin pencari tidak selalu memerlukan istilah pencarian utama Anda. Ini adalah teknik SEO yang buruk yang disebut sebagai “mengisi keyword”. Tujuannya adalah untuk sering menggunakan kata kunci variasi dan sekunder bersama dengan kata kunci utama Anda.

Termasuk Kata Kunci dalam Judul H2 dan H3: Untuk meningkatkan konten, Anda dapat menggunakan kata kunci LSI dan variasi kata kunci dalam judul posting H2 atau H3 Anda.
Menggabungkan kata kunci ke URL: Anda ingin URL halaman web berisi kata kunci utama Anda. Misalnya, Anda dapat membuat alamat web seperti www.bestgamingtips.com/how-to-beat-donkey-kong/ jika Anda mencari artikel dengan judul “bagaimana mengalahkan donkey kong”.

8. Struktur web

Meskipun optimasi kata kunci sangat penting, Anda juga harus mempertimbangkan struktur situs Anda, terutama jika Anda baru saja memulai.

Untuk crawling dan indeksasi, struktur situs web Anda sangat penting. Struktur yang sederhana dengan beberapa subdirektori akan membantu Google crawler mengindeks halaman di situs web Anda.

Selain itu, Anda dapat mulai dengan membuat sitemap di WordPress, yang akan mempercepat pemindaian konten yang telah ditambahkan dan diperbarui. Sitemap mencakup semua halaman kunci yang ingin Anda ketahui tentang mesin pencari.

Sitemaps membantu crawler Google menemukan informasi baru dan mengindeks halaman web Anda.

Sitemap SEO XML Satu Paket

Mungkin ada beberapa sitemap di situs Anda. Jika Anda menggunakan plugin WordPress All in One SEO, bahkan membuat sitemap unik untuk konten berita dan video sangat mudah. Ini dapat membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk kategori konten tertentu dalam pencarian Google.

Dengan melakukan perubahan ke file robots.txt WordPress Anda, Anda juga dapat membantu Google mengindeks situs web Anda.

Sebuah file robots.txt memberi tahu bot Google cara memindai, mengindeks, dan memberi mereka jalur. Ini menunjukkan halaman yang harus dilihat oleh mesin pencari laba-laba dan yang harus mereka hindari.

Ini akan memungkinkan bot Anda menghindari mengunjungi halaman yang tidak perlu, seperti halaman admin, sehingga Anda dapat mempertahankan kuota pencarian Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan menyeluruh ini tentang mengoptimalkan file robots.txt untuk SEO.

9. Keamanan Web (Proteksi SSL)

Sekarang, prioritas utama Google untuk peringkat adalah keamanan dan arsitektur situs web Anda. Salah satu persyaratan yang paling penting adalah protokol HTTPS, yang memungkinkan enkripsi data antara browser pengguna dan situs web Anda.

Google secara resmi mengakui HTTPS sebagai alat penilaian pada tahun 2014. Jika situs web Anda masih menggunakan URL http:// dan tidak memiliki sertifikat SSL, Anda harus segera meningkatkannya.

10. Pengalaman Web (user experience)

Ini membawa kami ke unsur peringkat Google terakhir, yaitu pengalaman pengguna di halaman. Google dapat menggunakan data ini untuk mengeksplorasi lebih lanjut pengalaman pengguna Anda.

Bagaimana Google mengevaluasi pengalaman on-page?

Ada sejumlah sinyal peringkat yang digunakan, seperti:

Jumlah pencari yang mengklik tautan ke situs web Anda dari hasil disebut klik-through rate, atau CTR. Ketika Anda menggunakan judul dan meta deskripsi yang lebih kuat untuk meningkatkan tingkat klik, Anda akan melihat peringkat Anda meningkat.

Bounce Rate: Tingkat bounce yang tinggi merugikan situs web. Jika sebagian besar pengguna mengunjungi situs web Anda hanya untuk meninggalkan tanpa berinteraksi, Google menganggap halaman tersebut tidak relevan untuk mesin pencari dan menurunkan peringkatnya.

Dwell Time adalah metrik yang menghitung berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs web Anda setelah kedatangan mereka melalui hasil pencarian Google. Semakin lama pengguna tinggal di halaman Anda, semakin terlibat. Menurut Google, waktu keterlibatan yang lebih lama menunjukkan bahwa konten Anda sangat relevan untuk pengguna.

Tidak diragukan lagi, ada banyak sinyal peringkat lainnya, tetapi kami hanya memilih yang paling umum dan penting. Namun, jika Anda mulai memahami prinsip-prinsip ini, kami jamin Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam peringkat Google dan lalu lintas pencarian organik.

Di postingan lain kami akan membahas 200 faktor lengkap google lainnya untuk Anda bisa mengerti lebih detail untuk ranking website yang lebih tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *