Apa itu SEO? Arti, Defini, Cara kerjanya di 2024

Apakah anda memiliki pertanyaan apa itu SEO dan ingin mempelajari jauh lebih dalam lagi? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak pengertian, arti, definisi, fungsi dan cara kerjanya.

JasaSEO.id menawarkan jasa SEO specialist di Indonesia, dan ini adalah penjelasan kami supaya market mengetahui lebih dalam apa yang dimaksud dengan apa itu SEO.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang memiliki arti prosedur optimasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa situs web berada di peringkat teratas mesin pencari, terutama Google yang merupakan rujukan utama banyak website saat ini dan merupakan salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengoptimalan mesin telusur adalah komponen penting yang menentukan keberhasilan website Anda, terutama bagi mereka yang ingin menggunakan website sebagai alat untuk menghasilkan uang.

Dengan kualitas SEO yang baik, website Anda akan langsung muncul di halaman pertama hasil pencari ketika pengguna potensial mencari kata kunci atau keyword tertentu di Google. Dengan demikian, lebih banyak orang akan mengunjungi situs web Anda.

Selain itu, pencarian mesin telusur juga dapat menjadi strategi digital marketing yang efisien dan hemat biaya untuk membantu Anda meningkatkan traffic dan konversi website. Untuk itu kali ini kami akan membahas apa itu SEO, bagaimana itu bekerja, dan bagaimana kecepatan website berhubungan dengannya. Selamat membaca!

Apa itu SEO: Jenis SEO

Jenis-jenis SEO saat ini akan dibahas sekarang. Oleh karena itu, SEO dibagi menjadi empat bagian: On-page, Off-page, Technical, dan Local. Kami akan membahas masing-masing untuk membuatnya lebih jelas.

On-page SEO

Pengertian apa itu SEO on-page adalah upaya SEO yang dilakukan secara langsung di setiap halaman website untuk memaksimalkan konten untuk membantu meningkatkan peringkat. Fokus utamanya adalah konten dan sumber kode HTML seperti tag title, header, dan meta description. Ini adalah informasi yang akan ditampilkan dalam SERP.

Selain itu, penggunaan on-page SEO akan memudahkan web crawler untuk menganlisis dan mengindeks konten. Hal yang tidak umum untuk diketahui kebanyakan orang adalah aged domain maupun domain premium bisa membantu kita dari segi SEO juga.

Hal-hal berikut termasuk dalam SEO on-page:

Contents

Google menilai konten, halaman, dan website dengan framework E-A-T (expertise, authoritativeness, and trustworthiness). Konten berkualitas tinggi yang dibuat oleh penulis yang dapat diandalkan dan diterbitkan di website yang juga dapat diandalkan mendapat prioritas lebih tinggi. Oleh karena itu, setiap konten harus memenuhi kriteria framework jika Anda ingin situs web Anda muncul di halaman pertama Google.

Mengoptimalkan keyword

Dengan menambahkan kata kunci, algoritma mesin pencari akan lebih mudah menemukan data yang tersedia. Kami menyarankan Anda menggunakan alat SEO seperti Ahrefs Keywords Explorer atau Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci target. Setelah itu, gunakan kata kunci tersebut untuk membuat konten. Perlu diingat bahwa harus senatural mungkin saat digunakan. Jika tidak, Google akan dihukum karena keyword stuffing.

Tag Title

Tentukan tag title atau judul halaman yang unik, menarik, dan berbeda dari yang lain. Web akan mendapatkan lebih banyak klik. Selain itu, akan ada banyak trafik organik yang dihasilkan. Jangan lupa menambahkan kata kunci ke judul.

Tag header

Menggunakan header untuk membagi segmen postingan menjadi lebih mudah bagi pembaca dan web crawler. Pada akhirnya, tag ini akan membantu mesin pencari menampilkan informasi yang sesuai dengan tujuan pencarian. Oleh karena itu, header sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja Google selain meningkatkan tampilan konten.

Gambar teks alt

Jangan kira deskripsi gambar tidak penting. Fungsi SEO ini akan membantu orang dengan gangguan penglihatan dengan menjelaskan isi gambar. Dengan menggunakan alt text, pembaca layar akan memberi tahu mesin pencari bahwa gambar yang digunakan adalah bagian dari konten Anda. Pemakaian gambar alt text juga akan meningkatkan visibilitas Anda di bagian atas hasil pencarian gambar Google.

Descripsi dasar

Tempatnya tepat di bawah judul dan singkat halaman, dan hanya terdiri dari beberapa karakter dan berisi kata kunci. Meta description yang baik, terutama jika informasinya sesuai dengan apa yang dicari pengguna internet, akan mendorong lebih banyak klik dan mengurangi bounce rate.

Off-of-page SEO

Upaya SEO di luar halaman dilakukan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari. Selain itu, tindakan ini dianggap Google sebagai pengukur kualitas situs web, perusahaan, atau produk Anda di mata audiens.

Hasil implementasi akan meningkatkan otoritas halaman dan ranking. SEO off-page meliputi:

Backlink

Link dari luar ke website kita, upaya ini bertujuan untuk mendapatkan tautan ke website Anda dari situs web lain. Setiap link yang diarahkan akan meningkatkan reputasi situs web. Namun, jangan hanya membangun link. Selain itu, karena algoritma berdampak pada kualitas blog dan website yang bekerja sama, penting untuk memperhatikan kualitasnya.

Marketing di media sosial

Bisnis dapat menggunakan media sosial untuk membuat akun dan membangun reputasi merek yang baik. Unggah postingan yang melibatkan netizen, seperti bertanya tentang preferensi warna makeup atau pakaian Anda. Posting konten terbaru Anda di blog atau website Anda juga. Dengan demikian, Google akan menilai kredibilitas situs dan banyak pengunjung akan masuk.

Influencer kampanye

Kerja sama dengan influencer atau merek terkenal. Metode pemasaran ini diyakini dapat menarik pelanggan baru ke bisnis Anda.

Di forum

Bergabung di forum adalah peluang tambahan untuk menjalankan kampanye off-page. Forum seperti Quora, Reddit, dan Stack Overflow memungkinkan Anda untuk memulai topik dan berbicara dengan orang lain. Mereka tahu seberapa kredibel Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan tautan untuk meningkatkan trafik organik.

Meskipun link building adalah teknik SEO yang paling populer, tindakan tambahan juga membantu situs web berjalan lebih baik.

Teknikal SEO

Apa itu SEO teknikal, Teknikal SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan elemen teknis situs web agar sesuai dengan persyaratan algoritma mesin pencari. Arsitektur website, ramah ponsel, dan kecepatan loading adalah komponennya.

Jika elemen teknisnya dioptimalkan dengan baik, situs web akan muncul di halaman teratas pencarian.

Teknik SEO memastikan bahwa pengguna senang mengunjungi website selain meningkatkan kinerja. Kecepatan loading dan keamanan website harus menjadi prioritas utama agar Google dan pengguna tidak meninggalkannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan optimasi:

Bounce rate

Bounce rate yang tinggi akan dihasilkan dari situs web yang butuh waktu lama untuk terbuka. Akibatnya, Anda harus mengompresi gambar, mengaktifkan cache situs web, dan mengurangi jumlah halaman yang dialihkan. Untuk mengetahui apa yang perlu dioptimasi untuk kecepatan loading, Anda dapat menggunakan alat seperti GTmetrix atau PageSpeed Insights.

Tabel markup

Untuk membuat mesin pencari lebih mudah menemukan konten, masukkan tag ini ke kode HTML. Selain itu, schema markup akan membuat snippet terlihat lebih baik di hasil pencarian. menggunakan penilaian atau ulasan, misalnya. Orang-orang akan tertarik untuk datang karena ada tambahan ini. Akibatnya, tingkat klik-through rate (CTR) situs web akan meningkat.

link internal

Cara ini memanfaatkan penggunaan hyperlink untuk menghubungkan satu halaman dengan halaman lain di situs web yang sama. Dengan adanya link internal akan membuat pencarian dan pengindeksan lebih mudah bagi crawler. Selain itu, otoritas halaman akan meningkat, navigasi akan menjadi lebih mudah, dan pengunjung akan tetap lebih lama.

sitemap XML

Dengan kata lain, XML sitemap adalah kumpulan URL dari berbagai halaman web. Untuk membantu crawler mencapai halaman-halaman yang penting, berfungsi sebagai peta atau rute. Install plugin Yoast SEO untuk membuat sitemap XML jika Anda pengguna WordPress. Metode tambahan untuk membuat XML sitemap adalah menggunakan alat gratis seperti InSpyder atau Screaming Frog.

Pages Mobile yang dipercepat (AMP)

Dengan menggunakan framework ini, halaman web lite terbuka lebih cepat di perangkat mobile. Google akan memunculkan halaman melalui cache tertentu jika AMP diaktifkan. Selain itu, waktu loading akan berkurang.

Certificate of SSL

Jika sebuah situs web memasang sertifikat SSL, URL-nya akan memiliki HTTPS di awalnya. Ini menunjukkan bahwa transmisi data yang terjadi antara browser pengunjung dan situs web Anda akan aman dan dienkripsi. Google juga mempertimbangkan penggunaan SSL. Untuk mendapatkan peningkatan ranking, kami menyarankan pengaktifan SSL. Sertifikat SSL biasanya termasuk dalam harga hosting.

Lokal SEO

Dengan menggunakan teknik SEO lokal, Anda dapat meningkatkan visibilitas perusahaan Anda di hasil pencarian lokal. Anda memiliki kemampuan untuk mempromosikan merek, barang, dan layanan di komunitas atau masyarakat setempat.

Sebagai contoh, Anda dapat menulis kata-kata seperti “beli makanan kucing terdekat” atau “kopi enak Jakarta”. Google akan menampilkan hasil pencarian Anda berdasarkan alamat IP bisnis.

Peta dan tiga bisnis terbaik disertakan dalam hasil pencarian. Misalnya, Google akan menampilkan tiga toko makanan kucing terbaik berdasarkan kata kunci “beli makanan kucing terdekat”, disertai dengan ulasan dan detail lokasi di Google Maps.

Contoh pengoptimalan lokal

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan pendekatan ini, empat hal berikut harus diperhatikan:

Biografi Google My Business (GMB)

Profil GMB menghasilkan peta yang ditunjukkan dalam hasil pencarian lokal. Oleh karena itu, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Berikan informasi bisnis yang lengkap dan akurat, termasuk nama, alamat, dan nomor telepon. Data ini akan berdampak pada peringkat SEO. Selain itu, keunggulan, jarak lokasi bisnis Anda ke lokasi calon pembeli, dan kesesuaian kata kunci pencarian akan membentuk peringkat profil GMB.

Studi kata kunci lokal

Lakukan daftar kata kunci dengan deskripsi barang atau layanan, lalu tambahkan lokasi. Kopi enak (kata kunci) + Jakarta (lokasi), misalnya. Anda dapat menggunakan alat SEO seperti Ahrefs untuk membuatnya lebih mudah dan cepat. Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat mengetahui seberapa baik kata kunci yang ditargetkan berdasarkan volume pencarian (search volume) dan kesulitan (difficulty).

Konten yang berfokus pada pasar lokal

Dengan membuat konten khusus dan menjawab pertanyaan audiens, kuasai pasar lokal. Misalnya, Anda memiliki perusahaan kopi. Asal-usul kopi, minat masyarakat lokal terhadap kopi, cara memilih biji kopi terbaik, dll.

Opini pelanggan

Ulasan menunjukkan tingkat kepercayaan bisnis Anda, yang juga akan dipertimbangkan oleh Google di masa mendatang. Minta pelanggan untuk menulis review, seperti melalui email atau dengan membuat halaman khusus untuk review. Anda harus selalu memantau ulasan online Anda karena Google mempertimbangkan ulasan yang diberikan oleh pihak ketiga.

Mengenal Perbedaan SEO dan SEM

Setelah Anda mempelajari apa itu SEO dan pengertiannya, kami akan membahas SEM, juga dikenal sebagai Search Engine Marketing, dan bagaimana perbedaannya dengan SEO.

SEM adalah teknik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau audiens mereka dengan menggunakan hasil mesin pencari.

Salah satu perbedaan antara SEO dan SEM adalah bahwa SEO menggunakan strategi alami (organik), sedangkan SEM menggunakan strategi berbayar untuk memastikan bahwa website selalu muncul di halaman awal mesin pencari. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil juga berbeda; SEO biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama dan konsistensi, sedangkan SEM dapat dilihat secara visual.

Untuk lebih detail, simak pembahasannya sebagai berikut.

SEO membutuhkan banyak waktu dan usaha karena bergantung pada trafik organik, yaitu kunjungan dari mesin pencarian seperti Google dan Bing. SEM menggunakan trafik berbayar, yang berarti Anda harus membayar untuk memasang iklan di Google Ads atau platform lain untuk mendapatkan hasil langsung.

Meskipun keduanya berbeda, SEO dan SEM tidak dapat bekerja sama. Strategi SEM akan berhasil dengan SEO yang baik. Misalnya, optimasi dengan keyword yang tepat akan meningkatkan skor kualitas Google dan visibilitas website.

Cara SEO Berfungsi

Search engine mengumpulkan, mengawasi, dan menampilkan data dalam tiga tahap.Ini adalah cara SEO bekerja:

Crawler

Mesin pencari memiliki web crawler, yang juga dikenal sebagai spiderbots atau bots, yang bertugas mencari dan mengumpulkan informasi untuk memungkinkan indeks halaman web.

Indexing

Informasi yang telah dikumpulkan oleh web crawler diperlukan untuk proses ini. Misalnya, kata kunci dan apakah konten telah diupdate. Selanjutnya, halaman web akan dimasukkan ke dalam index pencarian. Selanjutnya, ketika pengguna mengetikkan kata kunci di browser, mesin pencari akan menemukan (mengambil) situs web yang telah diindeks.

Rangking

Semua situs web yang tersimpan di dalam index pencarian akan ditampilkan dalam hasil pencarian. Semuanya diurutkan dari yang paling penting ke yang paling tidak penting.

Optimizasi mesin pencari mengatur bagaimana sebuah website berfungsi di mesin pencari. Sebagai contoh, internal link yang terstruktur akan membuat proses analisis landing page lebih mudah bagi web crawler. Crawler akan memiliki kemampuan untuk menjelajahi internet dan mengindeks konten secara lebih komprehensif.

Kesesuaian kata kunci, kualitas backlink, dan konten yang diupdate adalah komponen tambahan yang memengaruhi operasi SEO dan algoritma mesin pencari.

Manfaat dan Keuntungan SEO

Pencarian organik menyumbang 53,3% trafik. Tak mengherankan bahwa elemen ini sangat penting dalam pemasaran online. Sangat mungkin bahwa pelanggan akan menjadi pembeli.

Namun, memahami SEO tidak cukup untuk mendapatkan trafik organik. Selain itu, Anda harus menerapkan sejumlah strategi dan mengoptimasi bagian-bagian website agar memenuhi persyaratan yang terus berubah dari algoritma pencarian.

Optimisasi mesin pencari terdiri dari berbagai strategi yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Jumlah trafik yang datang berkorelasi positif dengan peringkat.

Upaya ini sangat penting untuk website perusahaan. Reputasi merek Anda akan meningkat, dan penjualan dan keuntungan akan meningkat.

Ketika algoritma Google mengevaluasi dan menampilkan website di hasil pencarian, itu juga mempertimbangkan berbagai komponen SEO.

Jika situs web perusahaan berada di puncak hasil pencarian, kredibilitas merek perusahaan juga akan meningkat.

Komponen Penting Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) Concept

Mesin pencari Google menangani lebih dari 6,5 miliar pencarian setiap hari. Oleh karena itu, mendapatkan ranking satu atau setidaknya berada di antara sepuluh teratas di halaman pertama akan menghasilkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda.

Meningkatnya peringkat dipengaruhi oleh sejumlah komponen SEO yang terus diperbarui seiring dengan perubahan algoritma pencarian. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa konten yang ditampilkan sesuai dengan apa yang dicari pengguna internet.

Faktor ranking dan metrik SEO utama berikut:

Kecepatan loading halaman

menggambarkan waktu yang dibutuhkan oleh situs web untuk terbuka sepenuhnya. Loading yang lebih cepat meningkatkan peringkatnya di search engine. Jadi, Anda harus menggunakan alat seperti PageSpeed Insights Google atau Pingdom Speed Test untuk melacak kecepatan situs secara teratur.

Mobile Friendly

Apabila ukuran situs web secara otomatis mengikuti ukuran layar perangkat yang digunakan untuk browsing, seperti tablet atau smartphone, itu dianggap ramah ponsel. Anda dapat menggunakan Tes Mobile-Friendly Google untuk mengetahui tingkat responsif desain.

Kualitas isi

Buat konten yang menarik, unik, dan menjawab kebutuhan pembaca. Lihat juga struktur, panjang, kata kunci, dan informasi yang diberikan. Google akan menilai hal-hal ini. Selain itu, konten yang unik dan unik akan menarik lebih banyak pengguna ke situs web Anda dan meningkatkan visibilitasnya.

Sumber Link

Sering melihat artikel di media digital dengan tautan ke situs web lain, seperti Wikipedia? Backlink adalah link ke artikel yang mengarah ke Wikipedia. Inbound link adalah istilah tambahan untuk ini. Apabila konten Anda memiliki link ke situs Anda di tengah-tengah, itu menunjukkan bahwa situs Anda dianggap sebagai sumber yang relevan. Ranking situs web di search engine akan dipengaruhi oleh backlink yang berkualitas, yang tentu saja berasal dari website tepercaya.

Kenyamanan pengguna

Dua metrik yang digunakan Google untuk mengevaluasi kenyamanan pengunjung situs web adalah bounce rate dan waktu tinggal (dwell time). Jika seseorang tidak bertahan lebih lama, Google akan menganggap web Anda tidak relevan. Sebaliknya, Google akan menilai konten situs Anda yang relevan dan bermanfaat.

Keamanan situs web

Indikator ini mencakup semua langkah yang dapat diambil untuk melindungi situs web dan penggunanya dari ancaman dan bahaya online. Selain itu, penggunaan HTTPS melalui URL telah menjadi standar keamanan. Website yang memiliki tanda Not Secure tidak dapat dipercaya oleh pengunjung dan search engine. Akibatnya, sangat penting bagi setiap webmaster untuk mengaktifkan sertifikat SSL.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan SEO

Colorful word Seo with magnifying glass. Search engine optimisation

Setelah Anda memahami apa itu SEO dan komponennya, Anda pasti sudah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang strategi apa yang akan Anda gunakan.

Ya, Anda harus teliti saat memilih taktik. Jika Anda salah memilih atau malah menggunakan metode lama, bukan hanya ranking tetapi juga konversi dan trafik akan menurun.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengoptimalan mesin telusur adalah penggunaan keyword panjang, membuat konten yang sesuai dengan tujuan pencarian, mendapatkan backlink, dan terus memantau perubahan atau pembaruan algoritme Google.

Algoritme Google baru-baru ini mempertimbangkan pengalaman halaman web saat melakukan pengoptimalan mesin telusur. Untuk pengalaman halaman ini, ada yang disebut Core Web Vitals, sekumpulan metrik yang mengukur stabilitas visual, interaktivitas, dan kecepatan loading.

Menilai Core Web Vitals terdiri dari tiga hal:

  • LCP menunjukkan waktu yang diperlukan untuk memuat konten terbesar halaman, termasuk gambar dan video. Waktu penyimpanan ideal adalah dua setengah detik.
  • Delay First Input (FID) adalah ukuran waktu yang diperlukan oleh browser untuk memproses permintaan pengguna sejak pertama kali pengguna berinteraksi dengan halaman, seperti mengklik link atau mengetuk tombol. FID yang direkomendasikan tidak lebih dari 100 milidetik.
  • Cumulative Layout Shift (CLS) adalah ukuran yang menghitung jumlah pergeseran layout tak terduga yang terjadi pada halaman selama fase loading. CLS mencegah pengunjung mengklik objek yang berubah posisi secara tiba-tiba. Website harus memiliki skor CLS kurang dari 0,1 untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik.

Web untuk Mempelajari SEO

Mempelajari SEO dari awal membutuhkan waktu yang lama. Selain memahami pengertian SEO, Anda harus memahami dasar digital marketing dan bagaimana mesin pencari atau search engine bekerja.

Jika Anda ingin belajar tentang SEO, berikut adalah daftar website yang telah kami kumpulkan:

  • Blog Google Webmaster Central. Informasi terbaru tentang perubahan algoritma Google selalu diposting di blog ini. Selain itu, Anda akan mendapatkan informasi tentang elemen SEO terbaru, tren, teknik, dan fitur pencarian Google terbaru, serta update inti.
  • Ahref Blog. Ahrefs berisi banyak artikel dan panduan SEO dan pemasaran. Semua konten selalu diperbarui dan ditulis oleh profesional SEO dan marketing.
  • Moz. Selain menyediakan alat dan software SEO, Moz juga memiliki blog dan pusat pembelajaran yang membahas berbagai topik untuk meningkatkan kemampuan marketing, termasuk tips dan trik SEO, data market terbaru, dan banyak lagi.
  • Journal Search Engine. Informasi terbaru, analisis, dan pedoman SEO tersedia di platform ini. Ini mencakup informasi tentang SEO untuk pemula dan strategi dan praktik SEO tingkat tinggi. Selain itu, eBook, podcast, dan webinar tersedia di website ini.
  • Roundtable Search Engine. Dengan menggabungkan berbagai thread dari forum SEO, situs web ini menyediakan informasi yang lebih mendalam tentang topik tersebut. Oleh karena itu, pengguna dapat belajar tentang masalah SEO terbaru dari berbagai forum yang berbeda hanya di satu tempat.
  • Blog marketing www.backlinko.com sangat disukai oleh pakar SEO. Selain itu, Anda dapat menemukan pelatihan SEO dan strategi pembuatan link di dalamnya. Selain itu, konten Backlinko sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin membangun bisnis online mereka. Temanya beragam, mulai dari studi kasus hingga nasihat SEO.

Metode untuk Menulis Artikel yang Ramah SEO

Salah satu langkah terbaik marketer jika perusahaan ingin menerapkan adalah membuat artikel content marketing.

Mengapa hal ini terjadi? karena situs web dapat mendapatkan peringkat yang tinggi di search engine dengan konten artikel yang tepat.

Selain itu, artikel yang informatif dan ramah pengoptimalan mesin telusur dapat menjadi cara bagi bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Bagaimana caranya, bagaimanapun, membuat konten artikel yang ramah SEO? Lihat saran dan instruksi berikut.

Lakukan penelitian keyword

Para marketer pertama kali harus melakukan riset keyword untuk membuat artikel yang ramah SEO.

Untuk mengetahui kata kunci yang digunakan audiens di search engine, inisiatif ini diperlukan.

Artikel dapat diindeks dengan baik di Google dan dibaca oleh banyak audiens jika digunakan dengan keyword yang tepat.

Untuk melakukan hal ini, marketer dapat menggunakan alat khusus seperti Ahrefs untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan audiens mereka.

Setelah itu, mereka dapat memasukkannya langsung ke dalam konten web.

Selain itu, kata-kata dapat terdiri dari dua kata atau lebih daripada satu kata.

Periksa struktur artikel

Menurut Neil Patel, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh marketer untuk membuat artikel yang ramah SEO adalah mempertimbangkan struktur artikel.

Sebenarnya, artikel yang disusun dengan baik akan memudahkan Google untuk memahami konten dan meningkatkan peringkat.

Artikel mungkin memiliki paragraf singkat dan judul untuk menunjukkan struktur yang baik.

Selain itu, artikel dapat dibagi menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu panjang dan sulit dibaca.

Jangan tulis artikel yang terlalu panjang

Menurut beberapa pakar SEO, konten adalah faktor penting dalam menentukan posisi situs web di mesin pencarian.

Artikel harus orisinal untuk dimuat di blog atau website. Selain itu, marketer dapat menggunakan temuan penelitian keyword yang telah dilakukan untuk membuat topik artikel.

Namun, salah satu saran penting untuk membuat artikel yang ramah SEO adalah untuk tidak membuat konten terlalu panjang.

Selain itu, pastikan konten yang dipublikasikan mudah dibaca dan berkualitas tinggi. Ini sangat penting mengingat fakta bahwa tidak semua orang memiliki kompetensi yang sama dalam bidang yang sama.

Untuk membuat tulisan lebih mudah dicerna, perhatikan bagaimana pesan ditulis dan disampaikan.

Menggabungkan link yang relevan

Menurut situs web Yoast, salah satu tindakan yang dapat diambil oleh marketer untuk membuat artikel mereka lebih ramah SEO adalah menempatkan link yang relevan.

Apa sebenarnya maksud dari menampilkan link dalam SEO? Dalam proses ini, marketer harus menyertakan tautan ke konten blog mereka di situs web internal dan eksternal.

Karena organisasi menunjukkan otoritas pada topik, inisiatif ini akan membuat posting dan artikel blog yang sudah ada lebih kuat.

Selain itu, struktur link sangat penting untuk peringkat Google situs karena secara tak langsung mempengaruhi kredibilitas konten.

Selama proyek ini dijalankan, jangan lupa untuk menyediakan tautan ke konten lain yang membahas topik yang serupa.

Ini sangat penting. karena pelanggan mungkin ingin membaca posting-an yang relevan.

Publikasikan artikel secara teratur

Terakhir, marketer harus menerbitkan konten baru secara teratur untuk membuat artikel yang SEO-friendly.

Dengan menambahkan posting blog baru secara teratur, Google dapat menunjukkan bahwa situs webnya aktif.

Ini sangat penting karena jika situs tidak aktif, Google akan lebih jarang mengunjunginya, yang dapat berdampak negatif pada peringkat situs.

Namun, perusahaan tidak dapat secara bebas menerbitkan konten.

Mereka harus memastikan bahwa kontennya berkualitas. Dengan kata lain, artikel harus tidak hanya informatif tetapi juga menghibur pembaca.

Keuntungan SEO

Selain meningkatkan peringkat search engine, situs web dapat secara langsung meningkatkan interaksi dengan konten perusahaan. Tidak hanya kedua hal tersebut, strategi ini juga menawarkan berbagai manfaat tambahan yang mungkin bermanfaat bagi bisnis.

Penasaran dengan apa saja? Daftar dan penjelasan berikut dikutip dari Live Plan.

  • menarik pelanggan melalui penelusuran organik
  • membuat pengalaman web yang dapat diandalkan untuk pelanggan
  • membuat marketer berkonsentrasi pada pengalaman pengguna
  • meningkatkan kesadaran merek
  • meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap tren
  • Semua inisiatifnya murah
  • memiliki standar yang jelas untuk mengukur keberhasilan
  • menguntungkan untuk rencana pemasaran lainnya

Ini adalah penjelasan singkat tentang SEO, termasuk definisi, klasifikasi, dan manfaatnya untuk bisnis, dibuat oleh jasaseo.id, jasa seo bergaransi.

Pada dasarnya, SEO, juga dikenal sebagai optimisasi mesin pencari, adalah proses mengoptimalkan elemen konten dan situs web supaya website dapat mendapat peringkat tinggi dalam mesin pencari.

Ini dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran paling efektif dan sering digunakan oleh perusahaan saat ini.Hasilnya, mereka yang ingin bekerja di bidang marketing harus tahu bagaimana SEO bekerja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *