Inilah 9 Cara Mempromosikan Aplikasi Android dan iOS

Salah satu tugas utama adalah mempromosikan aplikasi yang telah dibuat; oleh karena itu, bagaimana cara mudah mengiklankan aplikasi Android dan iOS? Jika Anda ingin aplikasi yang Anda buat diunduh banyak orang, ini pasti akan menjadi PR.

Sangat penting untuk memiliki pengetahuan tentang cara memasarkan aplikasi yang cukup sebelum Anda mulai memasarkan aplikasi. Jika Anda masih bertanya-tanya, bagaimana caranya? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan berikut ini!

Strategi Pemasaran Aplikasi yang Mudah

Untuk memastikan bahwa aplikasi yang telah Anda buat dapat didownload oleh banyak orang, Anda harus memiliki kemampuan memasarkan aplikasi. Namun, perlu diperhatikan bahwa, menurut penelitian yang diterbitkan oleh International Business Times, setidaknya ada 1.000 aplikasi yang didaftarkan ke App Store.

Oleh karena itu, rival Anda jelas sangat kuat, dan ada kemungkinan bahwa aplikasi Anda malah tidak dilihat oleh pengguna smartphone di App Store dan Play Store. Jadi, bagaimana cara promosikan aplikasi Android dan iOs dapat dilakukan?

Inilah jawaban atas pertanyaan tentang cara memasarkan aplikasi. Silakan simak.

1. Melakukan Promosi Melalui Media Sosial

Anda dapat mempromosikan aplikasi Android dan iOS dengan melakukan promosi di media sosial. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling efektif untuk melakukan promosi.

Dengan 500 juta pengguna aktif setiap hari, Instagram jelas merupakan platform yang bagus untuk mempromosikan aplikasi Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya secara teratur mengunggah konten yang berkaitan dengan aplikasi yang Anda buat.

Mereka memiliki kemampuan untuk membuat konten yang relevan dengan aplikasi yang dipromosikan; contohnya, aplikasi game dapat memberikan informasi tentang keunggulan game tersebut dibandingkan dengan aplikasi game yang sebanding.

2. Menggunakan Pengaruh

Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan istilah “influencer”, yang dapat mengacu pada seseorang yang bergelut dalam bidang tertentu di media sosial, seperti kreator konten, selebgram, dan sebagainya, yang menggunakan media sosial sebagai ladang penghasilan.

Menggunakan jasa influencer adalah salah satu strategi promosi yang dianggap efektif, dan istilah modernnya adalah melakukan endorsement kepada influencer. Influencer akan membantu Anda memasarkan produk aplikasi yang telah mereka buat.

Mereka akan mengiklankan aplikasi di media sosial, dan jumlah follower yang besar pasti akan membuat aplikasi Android dan iOS menjadi lebih terkenal, yang berarti bahwa lebih banyak orang akan mendownloadnya.

3. Membangun Situs Web Pribadi

Selanjutnya, strategi pemasaran untuk aplikasi Android dan iOs adalah dengan membuat situs web khusus untuk aplikasi tersebut. Cara sebelumnya tak kalah efektif dari yang ini, terutama jika situs web dibuat dengan teknik SEO.

Sangat mungkin untuk membuat situs web yang menarik dengan menyediakan berbagai jenis konten informasi yang terkait dengan aplikasi yang sedang dipasarkan. Karena kebanyakan orang lebih percaya pada aplikasi yang memiliki situs resmi, situs tersebut dapat menarik banyak orang untuk mengunduh aplikasi. Jumlah pengunjung ke halaman situs dapat meningkat, yang dapat menjadi salah satu keuntungan bagi pembangun.

4. Optimalisasi App Store (ASO)

App Store Optimization (ASO) adalah metode tambahan untuk mempromosikan aplikasi Android dan iOs. Apa ASO? ASO adalah layanan yang mencakup berbagai langkah yang diambil untuk membuat aplikasi berada di posisi teratas dalam pencarian, seperti Jasa SEO Apps. Ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan banyak trafik ke halaman aplikasi di app store developer.

Selain mengoptimalkan SEO, ASO juga dapat menarik pengunjung ke halaman pengunduhan, meningkatkan pengunduhan. Mendesain ikon aplikasi, memberikan deskripsi, memasukkan kata kunci, nama, dan fitur lainnya adalah beberapa fungsi ASOn.

5. Memanfaatkan Promosi di Aplikasi Lain

Jika Anda telah membuat aplikasi yang cukup banyak didownload dan pernah membuat aplikasi sebelumnya, Anda dapat memanfaatkan strategi ini untuk mempromosikan aplikasi Android dan iOs dengan menumpang di aplikasi lain.

Untuk meningkatkan jumlah pengunduhan aplikasi baru, Anda dapat menambahkan informasi tentang aplikasi baru ke dalam deskripsi atau di situs aplikasi sebelumnya.

6. Pemasaran Online

Selain itu, sebagai developer, Anda dapat memasarkan aplikasi melalui mailing list. Metode ini memungkinkan Anda untuk terus memberikan informasi terbaru tentang aplikasi dan menawarkan penawaran untuk mendapatkan aplikasi diunduh oleh calon pengguna.

Namun, Anda harus menyadari bahwa pemasaran melalui email ini merupakan jenis pemasaran yang memerlukan persetujuan. sehingga hanya pengguna yang telah mendaftar dapat melihat konten pemasaran Anda. Selain itu, pengguna yang paling setia dapat menerima manfaat khusus melalui promosi email ini.

7. Memasang Iklan

Anda juga dapat memasang iklan aplikasi; Anda dapat melakukannya di YouTube, dibandingkan dengan pasangan iklan di TV, karena YouTube memiliki lebih banyak penonton dibandingkan TV saat ini.

Jika iklan Anda menarik dan tidak membosankan, penonton tidak akan skip iklan Anda karena waktu iklan di YouTube lebih lama. Jika iklan menarik, penonton akan menontonnya sampai akhir, yang meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan pelanggan untuk download.

8. Rilis Aplikasi Tanpa Biaya

Salah satu cara tambahan untuk mempromosikan aplikasi Android dan iOS adalah dengan merilis aplikasi gratis. Memang, aplikasi gratis menarik lebih banyak perhatian daripada aplikasi berbayar, jadi tidak ada salahnya untuk pertama kali membuat aplikasi dan kemudian merilisnya secara gratis.

Jadi, bagaimana aplikasi menghasilkan uang? Anda dapat merilis aplikasi secara gratis untuk digunakan dan diunduh, tetapi Anda harus menerapkan sistem pembayaran dalam aplikasi.

Sistem ini memungkinkan aplikasi memiliki sejumlah fitur yang harus dibayar. Jadi, jika pengguna ingin menikmati semua fiturnya, mereka harus membayar developer aplikasi terlebih dahulu.

9. Bersedia Mengikuti Peristiwa

Selain itu, Anda dapat melakukan pemasaran aplikasi dengan rajin mengikuti event yang sedang berlangsung. Jika ada event yang terkait dengan aplikasi Anda, maka tidak ada salahnya membuka stand di event tersebut untuk mempromosikan aplikasi Anda. Anda dapat berbicara dengan pengunjung secara langsung atau membuat stand yang menarik.

Anda juga dapat menjadi sponsor sebuah event jika Anda memiliki modal yang cukup. Sebagai sponsor, penyelanggara event secara otomatis akan mempromosikan aplikasi Anda. Bayangkan saja aplikasi Anda dipromosikan di sebuah event yang dihadiri oleh banyak orang, itu pasti akan sangat efektif untuk memperkenalkan aplikasi ke masyarakat luas.

Anda dapat mengikuti beberapa metode untuk mempromosikan aplikasi Android dan iOs. Tentu saja, mempromosikan aplikasi baru membutuhkan banyak waktu, kesabaran, dan, yang paling penting, jangan menyerah. Untuk mendapatkan lebih banyak unduhan dan mendapatkan peringkat di appstore dan playstore, kunjungi jasa install aplikasi Android dan Ios.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *