Whatsapp

   Blog


Ini 5 Syarat Monetisasi YouTube, Youtuber Pemula Wajib Tahu!

Syarat monetisasi YouTube

YouTube merupakan platform berbagi video paling populer, dimana hampir seluruh pengguna smartphone di dunia memasang aplikasi ini di perangkat ponselnya. Karena jumlah penggunanya yang terbilang fantastis tersebut, tak heran jika banyak orang tertarik menjadikan YouTube sebagai situs penambah cuan. Lantas apa saja syarat monetisasi YouTube agar dapat menghasilkan uang?

Pasalnya ketika ingin menambah penghasilan melalui platform ini, maka penggunanya perlu melakukan monetisasi terlebih dahulu. Persyaratannya pun cukup beragam, dan seluruhnya harus dipenuhi oleh para Youtuber pemula. Catat persyaratannya di bawah ini agar konten yang ditayangkan dapat menjadi cuan.

Pengertian Monetisasi YouTube

Monetisasi sendiri merupakan proses mengubah sesuatu agar dapat menjadi penghasilan, sehingga dalam hal ini adalah kegiatan menjadikan kanal YouTube menjadi ladang tambahan cuan.

Layanan ini dapat dipilih untuk diaktifkan atau tidak oleh penggunanya, dan ketika diaktifkan maka konten atau video yang ada di kanal mereka akan diberi iklan AdSense. Dari iklan itulah para kreator konten dapat menghasilkan uang.

Namun tak seluruhnya, karena hanya video yang memiliki banyak penonton serta memenuhi TOS saja yang akan disisipi iklan. Iklan yang muncul tersebut berasal dari para pengiklan yang ingin bisnisnya dikenal banyak orang dan semakin populer, karena itulah YouTube hanya memasukkan iklan pada kanal yang rutin mengunggah konten serta memiliki video dengan banyak penonton.

 

Syarat Monetisasi Youtube

Situs berbagi video ini menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum dapat melakukan monetisasi. Berikut syarat terbaru sebelum mendaftar AdSense yang perlu diketahui :

  1. Akun Terverifikasi

Persyaratan pertama adalah melakukan verifikasi akun terlebih dahulu. Pasalnya proses verifikasi ini diperlukan agar pengguna dapat mengaktifkan beberapa fitur contohnya mengunggah video berdurasi panjang yakni lebih dari 15 menit, dapat meng-custom thumbnail video, melakukan live streaming, hingga mengajukan banding atas klaim konten.

Proses verifikasi pun terbilang mudah, karena hanya memerlukan nomor ponsel aktif dimana nantinya akan dipergunakan untuk menerima kode verifikasi. Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

    • Buka Halaman Upload

Pertama-tama buka halaman upload. Di bagian bawah, cari pilihan untuk menaikkan durasi konten yang akan di-upload. Klik pada perintah “Increase your limit”.

    • Pilih Metode Verifikasi

Selanjutnya pilih metode verifikasi. Terdapat dua pilihan yakni menggunakan pesan teks atau pesan suara, pilih salah satu.

    • Validasi Akun

Setelah memilih metode verifikasi, masukkan kode ke dalam kolom yang disediakan. Selanjutnya klik tombol “Submit“. Apabila berhasil, maka pada tampilan profil akan tertera tulisan “Partner Verified”. Setelah proses verifikasi berhasil, pengguna dapat meng-upload konten berdurasi lebih dari 15 menit.

  1. Memiliki 1000 Subscribers

Memiliki 1000 subscribers

Persyaratan selanjutnya adalah akun tersebut harus memiliki 1000 subscribers. Subscribers sendiri merupakan akun YouTube milik orang lain yang tertarik untuk mengikuti akun milik Anda.

Patokan suatu akun harus memiliki 1000 subscribers terlebih dahulu agar dapat melakukan monetisasi adalah karena diibaratkan akun tersebut telah memiliki pasar atas konten yang dibuat. Sehingga hal ini bisa menjadi parameter bagi para pengiklan, agar iklan yang disisipkan ke dalam konten di video tersebut akan ditonton sebanyak jumlah subscribers di akun tersebut.

Meskipun jumlah tersebut hanya nol koma sekian persen dibandingkan dengan total seluruh pengguna YouTube di dunia, namun faktanya untuk meraih ribuan subscribers bukanlah hal yang mudah dan tidak dapat diraih dalam waktu singkat.

  1. Memiliki 4000 Jam Tayang

Selain memiliki 1000 subscribers, akun tersebut juga harus mengantongi 4000 jam tayang. Persyaratan ini digunakan untuk memastikan jika jumlah subscribers dari akun tersebut adalah subscribers aktif. Total jam tayang ini dihitung selama 1 tahun terakhir, sehingga harus memenuhi minimal waktu tayang sebanyak 4000 jam selama 12 bulan.

Karena itulah pengguna perlu meng-upload video sebanyak mungkin. Semakin banyak dan semakin lama durasi konten yang diunggah, maka akan semakin mempercepat persyaratan jam tayang ini terpenuhi.

Untuk dapat meraih 4000 jam tayang ini pun bukan hal yang mudah dan tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat, bahkan memerlukan waktu beberapa bulan hingga 1 tahun lamanya. Karena itu Anda dapat mendaftar AdSense terlebih dahulu agar nantinya tak perlu menunggu menyelesaikan persyaratan satu ini.

  1. Menghidari Komentar Spam

Hal tak kalah penting untuk dilakukan adalah menghindari komentar spam, pasalnya komentar spam bisa menghambat proses pendaftaran AdSense. Mungkin saja seluruh persyaratan di atas telah terpenuhi, namun apabila masih ada komentar spam maka pengajuan akun dapat ditolak.

Ketika mengajukan pendaftaran YouTube AdSense Anda tidak dapat mendapatkan akun AdSense secara langsung, karena terdapat beberapa proses verifikasi oleh pihak YouTube. Umumnya proses ini memerlukan waktu beberapa hari hingga Anda menerima informasi apakah akun tersebut layak atau tidak.

  1. Mematuhi Ketentuan dan Kebijakan yang Berlaku

Selain itu pengguna harus mematuhi ketentuan dan kebijakan yang berlaku, diantaranya :

    • Hak Cipta

Para kreator konten tidak diperbolehkan mengunggah video yang bukan karya milik pribadi, serta video lain yang diperoleh tanpa izin si pembuat.

    • Persyaratan Layanan

Persyaratan layanan termasuk keseluruhan ketentuan serta penjelasan terkait perjanjian hubungan antara pihak YouTube dengan Anda.

    • Pedoman Komunitas

Termasuk dalam hal-hal yang diperbolehkan serta tidak diperbolehkan bagi seluruh jenis konten di platform ini termasuk thumbnail, link, hingga komentar.

    • Kebijakan AdSense

Selain itu para kreator konten juga wajib mematuhi kebijakan dari program AdSense. Pasalnya jika tidak, pihak AdSense dapat menonaktifkan akun pengguna kapan saja.

 

Cara Mendaftar AdSense untuk Monetisasi YouTube

Cara mendaftar AdSense untuk monetisasi YouTube

Setelah persyaratan di atas terpenuhi, selanjutnya Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya yakni pendaftaran AdSense agar bisa memperoleh uang dari YouTube.

  • Login

Langkah pertama pengguna perlu login terlebih dahulu. Masuk dengan cara mengklik pada ikon profil yang terlihat di sisi kanan atas halaman.

  • Pilih YouTube Studio

Selanjutnya klik opsi menu YouTube Studio. Nantinya Anda akan langsung dibawa ke halaman dashboard. Di menu bar yang terlihat di sisi kiri layar, klik pada opsi Monetisasi.

  • Pilih Daftar Sekarang

Apabila kanal Anda telah memiliki 1000 subscribers dan 4000 jam tayang, maka akan terlihat tombol “Daftar Sekarang”. Klik pada opsi tersebut untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Namun apabila channel belum memenuhi persyaratan, maka belum dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Setelah beralih ke tahapan selanjutnya, Anda diminta untuk meninjau persyaratan program partner YouTube. Centang pada tulisan “Saya menyetujui persyaratan program partner“.

  • Sambungkan ke AdSense

Di tahapan selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman monetisasi channel. Klik pada tulisan “Mulai” pada bagian Daftar ke Google AdSense. Apabila telah memiliki akun AdSense, maka hanya perlu menghubungkan akun dengan cara meng-klik pada opsi “Sudah memiliki akun AdSense”.

Demikianlah penjelasan terkait syarat monetisasi YouTube, terlebih bagi para Youtubers pemula. Agar dapat sukses meraup pundi-pundi uang dari platform ini, terapkan tips seperti membuat target viewers dan subscribers, menentukan niche yang sesuai, rutin mengunggah konten, hingga menyajikan konten menarik dan berkualitas.

Latest Post


Thumb

Ini 5 Syarat Monetisasi YouTube, Youtube...

YouTube merupakan platform berbagi video paling populer, dimana hampir seluruh pengguna smartphone di dunia memasang aplikasi ini di perangkat pons...

  June 25, 2022

Thumb

Catat! Cara Cepat Mendapatkan 4000 Jam T...

Di era digital seperti saat ini, hampir semua pengguna smartphone mengenal YouTube. Situs berbagi video populer ini memiliki jutaan kreator konten ...

  June 25, 2022

Thumb

Inilah 7 Cara Membangun Brand Bisnis Den...

Persaingan dalam dunia bisnis setiap hari semakin ketat. Itulah mengapa sangat penting bagi pengusaha untuk membangun brand mereka dengan kuat. Apa...

  June 25, 2022