Anda ditugaskan untuk membuat press release, tetapi Anda tidak tahu cara membuat yang mudah? Jika Anda bekerja dalam bidang public relations, Anda mungkin sudah cukup sering membuat press release untuk perusahaan dan perusahaan lain. Jadi, membuat press release tidak lagi sulit.

Tapi membuat press release mungkin sulit bagi mereka yang baru. Apakah sulit untuk membuat contoh press release perusahaan? Jika Anda mau berusaha, tidak ada yang sulit. Untuk mengetahui cara membuat press release yang baik, lihat ulasan berikut.
Contents
- 1 Ketahui Apa Itu Press Release
- 2 Cara Menghasilkan Press Release yang Berkualitas
- 2.1 1. Pilih Topik yang Berhubungan
- 2.2 2. Beri Judul yang Menginspirasi
- 2.3 3. Beri kutipan
- 2.4 4. Sesuaikan Informasi Penting dengan Tujuan Press Release
- 2.5 5. Tulis Singkat
- 2.6 6. Pertimbangkan SEO
- 2.7 7. Beri Peringatan untuk Tindakan
- 2.8 8. Gunakan Gambar yang Menyenangkan
- 2.9 9. Menggunakan faktor 5W+1H
- 2.10 Related
Ketahui Apa Itu Press Release

Anda mungkin masih bertanya-tanya apa itu press release sebelum Anda tahu caranya. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan apa itu press release? Oleh karena itu, press release adalah pernyataan resmi yang diberikan perusahaan kepada media dan masyarakat umum.
Tapi tidak hanya perusahaan yang dapat mengeluarkan press release; pemerintah, lembaga, atau instansi juga dapat. Pada umumnya, perusahaan mengeluarkan press release untuk peristiwa yang berkaitan dengan perusahaan, seperti pengumuman tentang peluncuran produk baru.
Press release akan ditulis sesuai dengan tujuan perusahaan dan didistribusikan ke berbagai media untuk memberi tahu publik tujuan perusahaan.
Tujuan press release juga bergantung pada tujuan perusahaan. Misalnya, perusahaan merilis press release karena mereka memiliki produk baru. Tujuan dari press release ini adalah untuk memberi tahu orang-orang dan media tentang produk baru tersebut. Bagaimana cara menghasilkan press release yang baik?
Cara Menghasilkan Press Release yang Berkualitas

Jika Anda bingung bagaimana membuat press release, silakan ikuti panduan sederhana ini.
1. Pilih Topik yang Berhubungan
Sebelum menulis press release, pastikan topik yang relevan dan layak diberitakan. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa topik yang akan disampaikan dalam press release sesuai dengan industri perusahaan.
Ada cara untuk memastikan hal tersebut, yaitu dengan menemukan jawaban atas pertanyaan seperti alasan pelanggan harus peduli dengan produk tersebut, dan apakah subjek akan menarik bagi target pelanggan.
Anda dapat mengangkat beberapa topik yang dapat diangkat, seperti peluncuran produk baru, penerimaan penghargaan untuk perusahaan, dan acara perusahaan lainnya.
2. Beri Judul yang Menginspirasi
Langkah selanjutnya, setelah menemukan topik yang relevan, adalah memilih judul yang menarik. Judul yang menarik sangat penting untuk menarik para jurnalis untuk menulisnya.
Berikan judul yang menarik sebisa mungkin. Judul yang menarik juga akan menarik perhatian publik dan membuat mereka tertarik untuk membaca press release yang telah Anda buat. Anda harus membuat judul yang singkat tetapi menyampaikan semua pikiran yang ada dalam tulisan.
3. Beri kutipan
Selain judul yang menarik, cara lain untuk membuat press release yang baik adalah dengan menambahkan kutipan. Kutipan ini digunakan untuk memberikan gambaran lebih baik tentang bagaimana press release tersebut dapat berdampak pada bisnis dan pelanggannya.
Dari siapa kutipan diambil? dari orang-orang penting, seperti CEO, pemimpin proyek, karyawan proyek, duta merek, dan individu yang terkena dampak langsung dari press release.
Untuk membentuk cerita dan menekankan poin penting dalam press release, pastikan untuk mengutip pernyataan dari pihak penting yang tentunya relevan.
4. Sesuaikan Informasi Penting dengan Tujuan Press Release
Press release mengandung informasi penting yang ingin disampaikan perusahaan kepada media dan masyarakat umum. Oleh karena itu, cara membuat press release harus mencantumkan informasi yang relevan dengan tujuan dan topik press release.
Pastikan bahwa semua informasi yang akan disampaikan oleh perusahaan dikomunikasikan dengan cara yang mudah dipahami dan dipahami oleh masyarakat umum.
5. Tulis Singkat
Anda harus memasukkan semua informasi penting dalam press release, tetapi itu tidak berarti Anda harus menulisnya dengan panjang lebih. Menulis secara singkat adalah cara terbaik untuk menyampaikan semua informasi penting.
Untuk menarik perhatian pembaca, buku harus penuh dengan informasi. Press release biasanya terdiri dari maksimal dua halaman pada kertas ukuran A4, jadi pastikan Anda menulis semua informasi yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis.
6. Pertimbangkan SEO
Meskipun press release adalah pernyataan resmi dari perusahaan, penting untuk tetap memperhatikan SEO saat membuat press release berikutnya. Strategi SEO masih menjadi strategi yang bagus untuk menulis press release.
Seberapa efektif itu? Karena itu, menggunakan strategi SEO akan membuat pernyataan press release tersebut mudah ditemukan di Google dan mesin pencari lainnya. Informasi akan lebih cepat didistribusikan kepada media dan publik jika mudah ditemukan.
7. Beri Peringatan untuk Tindakan
Karena itu, hindari memberikan pertanyaan untuk tindakan di bagian akhir, seperti di awal atau pertengahan paragraf, tetapi berikan pertanyaan untuk membantu pelanggan atau pembaca mengetahui apa yang harus mereka lakukan setelah membaca press release.
8. Gunakan Gambar yang Menyenangkan
Untuk membuat pembaca lebih tertarik pada keluaran yang telah dirilis, ilustrasi sangat penting. Ini juga membantu pembaca memahami apa yang terjadi dalam release tersebut.
Selain alasan estetika, gambar juga dapat meningkatkan kedalaman informasi yang disampaikan.
9. Menggunakan faktor 5W+1H

Jika Anda membuat press release, pastikan untuk menggunakan faktor 5W + 1H. Sungguh, elemen ini sangat bermanfaat dalam penyebaran informasi yang akurat dan akurat karena ini merupakan prinsip utama dalam pembuatan berita.
Tidak ada standar khusus untuk memasukkan faktor 5W + 1H, tetapi Anda dapat memulainya dengan yang berikut:
Apa informasi yang akan disajikan?
Informasi tentang kapan aktivitas tersebut berlangsung disebut “kapan”.
siapa yang menyelenggarakan acara tersebut
Informasi tentang lokasi peristiwa disebut “dimana”.
Informasi tentang alasan acara tersebut diadakan dikenal sebagai “mengapa”.
Bagaimana informasi detail acara
Jika Anda ingin mengubah elemen faktor 5H + 1H, itu tidak masalah. Memberikan informasi tentang nama pembuat acara baru dan tanggal juga tidak masalah.
Itulah beberapa cara untuk membuat press release yang mudah dan bermanfaat bagi bisnis. Bagaimana membuat press release? Tidak ada salahnya melihat contoh Jasa Press Release sebelumnya dari perusahaan; selain itu, Anda dapat mempercepat proses membuat rilis berita dengan menggunakan Jasa rilis berita.